Konsumsi Makanan Dan Buah Berikut Sangat Dianjurkan Bagi Wanita Hamil


KONSUMSI MAKANAN DAN BUAH BERIKUT SANGAT DIANJURKAN BAGI WANITA HAMIL
Konsumsi makanan dan buah berikut sangat dianjurkan bagi wanita hamil - Salah satu moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yaitu kehamilan. Karena hadirnya suatu keturunan menandakan akan ada yang meelangsiungkn dan melanjutkan cita-cita mereka. Saat hamil, kita dituntut untuk selektif dalam memilih makanan. Karena apa yang kita makan tentunya akan diserap oleh janin yang ada dalam kandungan kita. Sebagai pasangan suami istri yang baru pertama kali hamil, tentu Anda masih sangat awam akan jenis makanan apa sajakah yang baik untuk Anda.

Protein adalah salah satu at yang sangat dibutuhkan bag orang yang yang sedang hamil. Sementara yang kita tahu daging dan telur selain mengandung protein juga mengandung lemak dan kolesterol. Selain itu banyak sekali mitos dan kepercayaan yang berkembang seputar kehamilan, tentu hal tersebut membuat Anda semakin bingung dan takut. Untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh di konsumsi dan efeknya sangat baik bagi sikecil atau bagi ibuya tentunya.

1. Yogurt
Yogurt merupakan jenis makanan yang dihasilkan dari permentasi susu, selain rasanya yang enak ternyata Yogurt juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil. Yogurt mengandung banyak vitamin D dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan janin, setidaknya saat hamil Anda membutuhkan banyak sekali vitamin D dan Kalsium yaitu sekitar 1000 mg untuk membantu menunjang pertumbuhan tulang dan rangka si jabang bayi.

2. Brokoli
Bagi anda yang seorang vegetarian brokoli adalah pilihan tepat untuk dijadikan sumer nutrisi, selain sayuran hijau brokoli juga memiliki kandungan asam folat dan kalsium. Serat yang tinggi dalam brokoli juga sangat baik untuk pencernaan. Brokoli juga memiliki Vitamin C yang sangat bermanfaat selama kehamilan dimana ia membantu memaksimalkan penyerapan zat besi.

3. Walnut
Jika Anda tidak suka ikan karena bau amisnya, atau Anda memiliki alergi terhadap telur. Atau bahkan Anda sudah bosan dengan kedua jenis makanan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan Omega-3 Walnut bisa menjadi pilihan lain. Kandungan Omega-3 yang terdapat pada Walnut juga sangat tinggi dan tidak kalah dengan telur dan ikan salmon. Walnut sangat cocok dikonsumi dengan salad atau bisa juga dijadikan sebagai makanan ringan.

4. Sayuran Hijau Tua
Saat hamil, semua jenis nutrisi sangat dibutuhkan untuk janin. Kandungan nutrisi yang tinggi yang terdapat pada sayuran terutama sayuran yang berwarna hijau tua, sangat baik. Ambil contoh daun bayam, yang mengandung banyak nutrisi seperti asam folat, vitamin K, Vitami C dan A. Selain itu semua jenis sayuran hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi terutama oleh ibu yang sedang hamil.

5. Daging tanpa Lemak
Daging merupakan sumer protein tertinggi hewani yang sangat baik jika dikonsumsi, namun perlu diingat hindari konsumi jenis daging biasa. Pilih jenis daging yang sudah dipisahkan lemaknya, karena kandungan lemak yang terdapat pada daging dapat menimbulkan kegemukan baik pada pasca melahirkan maupun saat kehamilan.

6. Oatmeal
Selain sereal, menu sarapan yang baik untuk ibu hamil ada Oatmeal. Variasikan sarapan Anda agar tidak bosan dengan makanan jenis ini, bubur yang terbuat dari gandum ini memiliki kandungan dan manfaat yang sama dengan gandum itu sendiri hanya saja jenis penyajiannya yang berbeda. Dengan sarapan Oatmeal, anda akan terhindar dari rasa lemas karena Oatmeal mengandung banyak karbohidrat yang baik untuk energi.

7. Gandum
Saat hamil sangat disarankan untuk mengkonsumi makanan ini, karena gandum mengandung banyak nutrisi dan serat. Seperti fitonutrien, Vitamin E dan zat-zat baik yang berfungsi untuk melindungi kerusakan sel. Saat ini Gandum sudah diolah menjadi makanan siap saji sepert roti, makanlah roti tawar gandum minimal tiga sampai empat lembar perhari. Selain bernutrisi, gandum juga dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama.

8. Kacang-Kacangan
Sudah tidak diragukan lagi manfaat akan kacang-kacangan bagi ibu hamil, selain mengandung lemak tak jenuh kacang juga mengandung banyak serat dan protein. terutama pada kacang buncis. Kandungan serat yang terdapat pada kacang-kacangan sangat baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan datangnya sembelit dan wasir. Semua jenis kacang kaya akan gizi seperti zat besi, folat, kalsium dan seng.

9. Ikan Salmon
Jenis ikan yang sangat baik untuk dikonsumi oleh ibu hamil adalah ikan salmon, ikan jenis ini berbeda dengan ikan laut kebanyakan. Ikan ini mengandung merkuri sangat rendah jika dibandingkan dengan ikan laut yang lain, sehingga sangat baik jika dikonsumi oleh ibu hamil. Selain protein, salmon juga sangat tinggi akan kandungan Omega-3 yang baik untuk janin. Hanya saja jangan terlalu banyak mengkonsumi salmon untuk menghindari bahaya merkuri, maksimal 12 ons seminggu. Karena merkuri yang terdapat pada ikan sangat berbahaya untuk proses perkembangan syaraf bayi.

10. Telur
Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi yang sangat dibutuhkan oleh sang jabang bayi. Dalam telur selain protein telur juga mengandung asam amino, lebih dari 12 vitamin dan mineral. Telur juga banyak mengandung kolin yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin, disamping itu kolin juga baik untuk perkembangan pengelihatan bayi.

Telur memang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, namun perlu diketehui bahwa kandungan lemak jenuh lebih berdampak buruk pada kolesterol dari pada kolesterol yang ditemukan pada makanan secara alami. Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada telur sangat rendah sehingga jika Anda memiliki kadar kolesterol rendah, telur masih dapat dikonsumi 1-2 butir perhari.

11. Ubi jalar
Tidak banyak yang tahu akan manfaat makanan yang satu ini, terutama untuk ibu hami. Penelitian terbaru menemukan zat baik yaitu karotenoid yang terkandung dalam ubi jalar. Zat ini memiliki keistimewaan dimana ia akan mengkonversi diri menjadi vitamin A jika tubuh kita sendang membutuhkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan membatasi konsumsi Vitamin A karena takut kelebihan. Selain murah dan mudah didapat, ubi jalar merupakan sumber folat, serat dan vitamin C.

12. Sereal
Jenis makanan lain yang baik untuk ibu hamil adalah sereal, makanan ini bisa dikonsumi setiap hari saat Anda sarapan. Kandungan asam folat dalam sereal sangat baik jika dikonsumi pada kehamilan fase pertama yaitu pada minggu awal. Praktisi kesehatan menyarankan setidaknya ibu hamil harus mengkonsumi asam folat sebanyak 400 mikrogram perhari. Selain itu sereal juga memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk janin sehingga sereal akan sangat bermanfaat jika dinikmati selama kehamilan sampai Anda melahirkan.

13. Pisang
Makanan sehat untuk ibu hamil yang lain adalah buah pisang, teksturnya yang lembut memudahkan usus untuk mencerna makanan ini. Selain memiliki kandungan kalium yang tinggi buah ini juga dapat memberikan energi yang lebih kepada Anda yang tengah hamil.

14. Buah Apel
Selain jeruk, buah yang dianjurkan lagi untuk ibu hamil adalah Apel. Nutrisi dan vitaminnya sangat baik untuk ibu dan janin, kandungan seratnya yang tinggi juga memudahkan untuk dicerna. Buah ini juga mampu mengatasi masalah diare dan sembelit yang umum sekali dialami ibu hamil. disamping itu bauh apel apabila dikonsumi setiap hari sangat baik dalam membantu perkembangan janin.

15. Minyak Zaitun
Saat hamil, tentu Anda tetap mengkonsumi berbagai jenis makanan yang diolah menggunakan minyak. Namun perlu Anda tahu, bahwa minyak mengandung lemak yang tak baik untuk kesehatan janin. Gantilah minyak Anda dengan minyak Zaitun, karena kandungan lemak tak jenuh dalam minyak ini sangat bermanfaat bagi perkembangan janin dalam rahim. Selain itu minyak zaitun juga memiliki kandungan Vitamin E yang sangat baik untuk kulit Anda dan si jabang bayi.

16. Cherry
Buah yang paling banyak nutrisinya dibandingkan dengan jeruk dan apel adalah buah Cherry, ya buah yang berbentuk mungil dan kecil ini ternyata memiliki kandungan nutrisi 20 kali lipat lebih banyak dari apel dan jeruk.
Buah yang satu ini memiliki manfaat yang dapat menangkal radikal bebas, melawan sel-sel kanker, mengedarkan darah normal, merileksasi saraf dan mencegah peradangan. Selain itu, buah ini juga diperkaya dengan tembaga, zat besi, mangan dan nutrisi lain yang sangat diperlukan oleh ibu hami. Buah cherry juga dipercaya oleh sebagaian dokter dapat membuat kulit bayi jadi lebih bersih, lembut dan putih.

17. Anggur
Kandungan polifenol dan resveratol dalam buah anggur sangat baik untuk ibu hamil dalam membantu dan memenuhi kebutuhan zat besi serta energi. Antioksidannya berguna untuk ibu hamil melawan radikal bebas dan sel-sel kanker yang dapat membahayakan si janin.

Baca juga : 5 sayuran yang bermanfaat ganda untuk diet dan bunuh sel kangker

18. Alpukat
Selain pisang, buah yang memiliki tekstur lembut dan creamy adalah Alpukat. Kandungan lemak nabati yang terdapat pada Alpukat sangat baik untuk tubuh, karena lemaknya masuk kedalam kategori lemak tak jenuh yang berfungsi untuk membantu pembentukan fungsi ingatan janin dalam rahim. Selain itu, asam folat dan vitamin B kompleks juga sangat baik membantu pembentukan tulang janin, buah ini akan sangat baik jika dikonsumi pada awal-awal kehamilan. Karena ia dapat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

19. Keju
Makanan permentasi susu yang lain selain Yogurt adalah keju, tidak semua keju dibolehkan untuk ibu hamil. Pilihlah keju jenis Mozzarella atau Cheddar. Karena jenis inilah yang mengandung kalsium dan protein tinggi sekitar 150 hingga 200 mg kalsium. Jadi keju sangat penting dalam pembentukan tulang.

20. Kacang Kedelai
Seperti yang sudah disebutkan diawal, semua jenis kacang-kacangan sangat baik untuk dikonsumsi. Seperti kacang polong, Buncis dan Kedelai. Kedelai dapat dikonsumi langsung apa adanya, namun bisa juga dikonsumi setelah mendapatkan pengolahan menjadi makanan lain seperti tahu dan tempe. Sudah tidak diragukan lagi kandungan yang terdapat pada tempe dan tahu, kaya akan protein. Selain rasanya enak, murah dan mudah didapatkan juga sangat mudah untuk dikreasikan dengan makan lain.

21. Buah Jeruk
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian seorang ibu hamil, untuk itu jeruk juga sangat disarankan untuk dikonsumi setiap hari. Selain itu jeruk juga mengandung banyak serat, asam folat dan air yang bagus untuk menjaga Anda dari dehidrasi.

Baca juga : 6 jenis makanan yang dapat memperburuk dehidrasi dalam tubuh

22. Buah Naga
Buah yang berasal dari negeri ginseng ini sangat baik untuk dikonsumi oleh ibu hamil, selain kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Buah naga juga sangat aman dari polusi dan pestisida, karena ia memiliki pelindung kulit yang sangat tebal. Menurut hasil penelitian, buah naga dapat membantu pengobatan pada ibu hamil yang mengalami batuk.

Baca juga : Hindari stres, cukupi nutrisi yang diperlukan tubuh berikut ini

Demikian lah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumi oleh ibu hamil, tentu saja selain itu masih banyak lagi jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan Anda dan bayi. Saat hamil tentu kita tidak mau sembarangan memberikan asupan kepada calon buah hati kita, namun juga kita ingin memberikan asupan gizi terbaik buat perkembangannya. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi salah satu refrensi Anda dalam menentukan makanan makanan yang cocok bagi ibu hamil . Semakin baik Anda memberikan input untuk si jabang bayi, tentu bayi yang akan lahirpun semakin baik dan sehat pula.