6 Jenis Makanan Yang Dapat Memperburuk Dehidrasi Dalam Tubuh


6 JENIS MAKANAN YANG DAPAT MEMPERBURUK DEHIDRASI DALAM TUBUH
6 jenis makanan yang dapat memperburuk dehidrasi dalam tubuh - Minum adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa dahaga yangmuncul sebagai tanda tubuh kita kekurangan air. Dehidrasi karena kekurangan cairan sangat berbaha bagi tubuh kita. Sebab jika asupan air yang masuk dalam tubuh kita tidak terpenuhi maka akan mengganggu kerja organ tubuh lain.

Selain minum air, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan air juga bisa dijadikan alternatif. Kandungan air pada buah sangat baik bagi tubuh kita karena banyak mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Karena hampir keseluruhan tubuh manusia terdiri dari air, maka peran air sangat penting dan selalu harus dipenuhi. Namun dalam pemenuhan air jangan menganggapnya enteng sebab air juga bisa menyebabkan overdosis. Hal tersebut juga dibahas dalam sebuah artikel kesehatan yang lain.

Ternyata kekurangan dan kebanyakan air juga memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Namun banyak sekali kasus dimana kekurangan cairan pada tubuh dapat berakibat fatal hingga kematian lho.

Supaya kita terhindar dari dehidrasi tubuh, sebaiknya kita mewaspadai beberapa jenis makanan yang dpat memicu dehidrasi. Dilansir dari thehealthsite.com, berukut adalah jenis makanan yang bisa memicu dehidrasi.

Makanan tinggi garam
Garam atau sodium adalah salahsatu bumbu yang sering digunakan para ahli kuliner. Makanan yang kurang akan garam tentunya akan membuat makanan menjadi kurang sedap. Namun jika makanan tersebut terlampau sangat asin karena banyaknya garam bisa membuat anda merasa sangat haus.

Hal tersebut disebabkan, bila kamu mengonsumsi makanan yang asin tersebut, maka sel-sel tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak yang membuat ditariknya air keluar dari sel. Akibatnya, kamu jadi makin kehausan. Oleh karena itu hindari makanan tinggi garam seperti makanan kaleng, makanan cepat saji, atau makanan instan lainnya.

Fakta dalam makanan cepat saji banyak menggunakan garam. Perpaduan rasa yang sedap dan makanan yang masih hangat seringkali menghilangkan kesadaran kita akan hal tersebut. Terlebih jika kita sedang sangat lapar

Kafein
Kandungan kafein yang berada dalam minuman mengandung diuretik yang mana apabila dikonsumsi akan mengakibatkan kita sering merasa ingin kencing. Kafein banyak terkandung dalam kopi, teh, atau dalam jenis minuman kaleng yang lain.

tentu saja hal tersebut akan dapat memicu dehidrasi dalam tubuh. Dikarenakan ketika kita kencing maka banyak cairan tubuh yang ikut hilang. Ketika kita terlalu banyak minum maka kita akan mengalami hal tersebut.

Baca juga : Benarkah menyaring kopi dpat menjauhkan dampak negatif minum kopi?

Minuman dingin
Ketika orang yang merasakan kehausan tentunya kan merasa segara jika tenggorokan diguyur dengan minuman yang dingin. Namun ternyata efek hilangnya haus karena minuman yang dingin hanyalah semu belaka. Faktanya rasa haus itu akan kembali lagi bahkan rasa haus bertambah.

Minuman bersoda
Jenis minuman ini memang menjadi salahsatu faforit masyarakat. Rasanya yang manis dan mempunyai efek menyegarkan jika kita minum memang sangat cocok dengan keadaan kita. Apalagi jika kita minum dalam keadaan dingin tentunya akan terasa lebuh nikmat.

Namun dibalik kesegaran yang didapat dari minuman bersoda ternyata tidak akan meredakan rasa haus yang ada. Namun sebaliknya anda akan merasakan haus yag lebih dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula dan soda yang terkandung dalam minuman tersebut.

Ternyata kandungan gula dan soda mampu mengirimkan sinyal penarikan cairan yang ada dalam tubuh sebelumnya. Sehingga pada akhirnya tubuh akan mengalami dehidrasi.

Baca juga : Bahaya! sikat gigi setelah mengonsumsi makanan berikut dpat merusak gigi

Kecap
Saus dan kecap merupakan salah satu pasangan makanan yang sering dipadukan. Namun ternyata memadukan atau makan dengan menggunakan dua bahan tersebut bisa menimbulkan rasa haus.

Hal itu disebabkan makanan ini bisa menimbulkan ketidak seimbangan elektrolit yang disebut dengan hypernatremia atau kelebihan sodium dalam darah. Akibatnya kamu jadi makin terasa haus.

Makanan instan

Makanan instan yang mudah disajikan sebaiknya juga dihindari, sebab makanan instan memiliki banyak kandungan garam dan MSG didalamnya. Selai itu penggunaan bahan pengawet juga menjadi sebuah ancaman bagi kesehatan. Kandungan zat kimia ini akan menarik cairan tubuh sehingga akan makin membuatmu kehausan.

Baca juga : Ini yang terjadi pada rambut kamu jika kekurangan yodium

Sebaiknya saat ini kamu sedang kehausan? Cobalah untuk menghindari konsumsi makanan di atas. Sebab jika badan kekurangan cairan kan menjadi lemas dan bisa membuat orang sampai meninggal dunia.

Jika tidak bisa mengimbangi makanan yang bisa membuat dehidrasi sebaiknya konsumsilah makanan yang banyak mengandung air. Semoga bermanfaat.