Sering Mengalami 10 Hal Berikut Pertanda Akan Terserang Stroke


SERING MENGALAMI 10 HAL BERIKUT PERTANDA AKAN TERSERANG STROKE
Stroke merupakan penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Sehingga akibat penyumbatan maupun pecahnya pembuluh darah tersebut, bagian otak tertentu berkurang bahkan terhenti suplai oksigennya sehingga menjadi rusak bahkan mati. Akibatnya timbullah berbagai macam gejala sesuai dengan daerah otak yang terlibat.

Tahukah kamu bahwa stroke adalah penyebab kedua kecacatan di dunia. Jumlah penderita stroke memang meningkat setiap tahunnya, terutama di negara berkembang. Stroke dapat mempengaruhi organ indra, ucapan, perilaku, pikiran, memori, dan emosi. Salah satu sisi tubuh mungkin menjadi lumpuh atau lemah akibat stroke. Mengingat begitu bahaya stroke maka harus diwaspadai gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini. Berikut tanda jika kamu beresiko terserang penyakit ini.

Vertigo
Pusing dan ketidak seimbangan yang disertai vertigo seringkali merupakan jadi pertanda gejala stroke. Vertigo adalah sensasi yang muncul seperti kamu bergoyang atau berputar dan kamu merasakan benda-benda di sekitarmu bergerak, padahal sebenarnya tidak.

Tremor
Tremor adalah gerakan yang tidak terkontrol dan tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh Anda. Tremor biasanya terjadi karena bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Tremor akan sering terjadi saat gejala stroke nampak. Penyebabnya adalah terjadi penyumbatan suplai darah ke otak.

Nyeri pada satu sisi wajah

tanda yang sering terjadi ketika terserang stroke adalah nyeri yang muncul mendadak di satu sisi wajah serta lengan, kaki, atau dada merupakan tanda khas dari stroke. Dan wanita ternyata lebih cenderung rentang terhadap gejala stroke atipikal tersebut.

Pandangan kabur

gangguan pada mata juga bisa menjadi tanda terserang penyakit stroke. Kemampuan pemusatan objek pandang mata yang terganggu menjadikan pandangan menjadi kabur, bahkan tidak jarang pandangan menjadi ganda hal itu dikarenakan objek pandang tidak dalam satu titik.

Kesulitan untuk menghirup atau menelan

Sulit menghirup udara dan menelan makanan juga bisa menjadi tanda dari stroke. Beberapa gejala lain yang mengiringinya adalah pingsan, mual, hingga muntah.

Kehilangan keseimbangan
kehilangan keseimbangan yang tiba-tiba datang akibat informasi dari otak melalui saraf tidak sampai pada panca indra. Maka jika kamu sering merasa tiba-tiba pusing atau kehilangan keseimbangan? Maka itu adalah gejala umum dari stroke.

Sulit berjalan
Gangguan pada fungsi normal otot dalam tubuh yang berasal dari system saraf otak menjadikan system gerak motorik dalam tubuh terganggu. Rasa tak enak atau kesemutan di bagian tubuh manapun yang diiringi dengan kesulitan untuk berjalan adalah salah satu tanda awal stroke.

Kelumpuhan di wajah

Kelumpuhan yang terjadi wajah adalah salah satu gejala stroke yang paling umum. Kamu tiba-tiba merasakan mati rasa dan kelumpuhan di satu sisi wajah, lengan, atau tungkai.

Sakit kepala
Jika kamu sering sakit kepala dengan rasa nyeri mendadak yang tajam? Bisa jadi itu adalah salah satu dari gejala stroke yang wajib kamu sadari. Sakit kepala seperti ini tidak lazim dialami oleh kebanyakan orang.

Kebingungan
Saat kamu berada di tengah-tengah sebuah suasana dan kamu cenderung mudah bingung, maka bisa jadi itu adalah gejala stroke.

Jadi jika kamu mengalami gangguan kesehatan seperti diatas kamu wajib waspada . Sebab bisa jadi jiwa kamu terancam. Segera periksakan kedokter atau rumahsakit. Jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari. Semoga tulisan ini bermanfaat.