6 Jenis Gangguan Kesehatan Yang Ditandai Dengan Sering Menguap


6 JENIS GANGGUAN KESEHATAN YANG DITANDAI DENGAN SERING MENGUAP
6 jenis gangguan kesehatan yang ditandai dengan sering menguap - Menguap adalah salah satu reaksi tubuh secara spontan jika kekurangan asupan oksigen kedalam tubuh. Tubuh memerlukan sangat banyak oksigen untuk membentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oksigen digunakan untuk proses pembakran makanan. Dengan demikian kita akan sangat memerlukan banyak sekali oksigen kedalam tubuh. Menguap seringkali kamu alami ketika kamu lelah dan mengantuk atau butuh waktu untuk beristirahat. Sehingga saat kamu menguap, pasti kamu akan mengambil waktu untuk langsung tidur. Hal tersebut dikarenakan kurangnya oksigen yang masuk ketika sedang mengantuk .

Dilansir dari boldsky.com ternyata sering menguap bukan hanya menjadi tanda bahwa kamu mengantuk. Sebab menguap bisa merupakan gejala dari beberapa penyakit. Sehingga ketika anda sering menguap bisa menjadi merupakan gejala berbagai penyakit berikut.

Gangguan lever
Apabila kamu sering menguap selama beberapa waktu padahal kamu sama sekali tidak mengantuk, coba lakukan tes atau uji kesehatan lever. Sebab masalah lever juga biasanya ditandai dengan seringnya menguap. Jika terjadi hal seperti itu coba konsultasikan hal tersebut dengan dokter karena bisa saja terdapat gangguan kesehatan hati anda.

Multiple Sclerosis

Kurangnya asupan oksigen dalam tubuh akan mempengaruhi suhu tubuh. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita Multiple Sclerosis atau MS juga akan menderita disfungsi thermoregualtory atau ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka sehingga pada akhirnya akan sering membuat mereka menguap.

Masalah otak
Alasan lain kenapa kamu sering menguap biasanya disebabkan oleh radang otak yang terjadi saat kamu mengalami stroke ringan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa menguap berlebihan adalah gejala dari pasien yang mengalami peradangan di batang otak mereka.

Epilepsi
keseringan menguap juga bisa menjadi tanda epilepsi. Sebab gangguan kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga dapat membuat kamu menguap secara berlebihan. Sel saraf otak yang dihubungkan dengan impuls listrik akan mengirimkan informasi kedalam organ tubuh. Namun jika inpuls listrik berlebihan maka akan menjadikan orang menjadi kejang. Namun jika asupan oksigen berkurag hal tersebut akan menjadikan fungsi abnormal dan akan menjadikan seseorang menjadi semakin sering menguap.

Efek samping obat
Jenis obat-obatan yang biasanya membuat kamu mengantuk adalah yang mengandung SSRIs (selective serotonin reuptake inhibitors) atau antihistamines. Beberapa jenis obat yang diresepkan mampu membuat kamu merasa lelah dan merasa bahwa energi terkuras. Sehingga kamu pun akan sering menguap dan merasa ngantuk.

Baca juga : 6 jenis obat yang hanya boleh dibeli dengan resep dokter

Gangguan tidur
kurangnya waktu tidur setiap harinya kamu akan merasakan rasa ngantuk dan akan mengauap karena berkurangnya asupan oksigen yang masuk dalam tubuh. Dalam banyak kasus, salah satu alasan mengapa kamu sering menguap adalah karena kamu mengalami gangguan tidur yang membuat kamu kurang tidur. Kurang tidur ini akan membuatmu menguap saat kamu terjaga. Jadi agar kamu tidak sering menguap, coba cukupi waktu tidur.

Baca juga : Alasan kenapa orang dewasa harus tidur selama delapan jam

Nah demikianlah alasan kenapa kamu menjadi sering menguap. Oleh karena itu jika kamu mengalami gejala yang sama, lebih baik cari tahu alasan di balik kenapa kamu sering menguap. Apakah ada hal yang melatarbelakangi kamu menjadi sering menguap. Sebab menguap ternyata menjadi berbagai tanda terjangkit berbagai penyakit. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.